A. Pengertian
E-mail
E-mail adalah
surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita
dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar
, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
Bentuk umum sebuah
alamat email adalah sebagai berikut:
- Nama : identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
- @ : dibaca at (artinya di).
- Situs.com : alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode
akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki
situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai contoh : yandri@telkom.net dibaca “e-mail si Yandri
di telkom.net” (Yandri memanfaatkan layanan situs dari telkom.net). Bisa saja
seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-mail lebih dari satu, baik
pada situs penyedia e-mail yang sama maupun yang berlainan. Misalnya untuk
mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat e-mail untuk surat-surat
pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis. Jika digunakan fasilitas
e-mail dari situs yang sama, maka identitaas nama kedua e-mail hrs dibedakan,
contoh:
Meskipun
demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua
saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot
sendiri untuk mengingat dan mengelolanya.
B. Manfaat
Email
1.
E-mail dapat
menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh
dunia dengan biaya pulsa lokal.
2.
Dengan e-mail, data
dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
3.
Dapat mengirim kepada
lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
4.
Dapat mempermudah
komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
5.
Digunakan untuk
berlangganan informasi tertentu secara periodik.
C. Langkah-langkah
membuat account E-mail
Berikut
ini langkah-langkah membuat e-mail :
Masukkan alamat webnya melalui mozilla
atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan Mozilla Maka akan muncul
jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :
Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak
Isian yang Telah Disediakan, seperti uraian
berikut :
-
Tentukan Kata Sandi (
kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya ) dan ID email ( nama
email anda, misal nama email yang anda pilih adalah Didichandra, maka
alamat emailnya menjadi Didichandra44@yahoo.co.id
di baca : Didichandra44 [et] yahoo [dot] co [dot] id ), dalam membuat
email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua
hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda
nantinya !!!
-
Membuat kata Pertanyaan
serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika
suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat. Anda harus membuat
atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat
!!
-
Langkah membuat email
selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah
disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya.
-
Jika Proses Pendaftaran
Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :
-
Selamat…. Anda sudah
memiliki alamat email… tunggu dulu ada sebuah pesan konfirmasi dari yahoo di
kotak email anda, silahkan anda klik Lanjutkan.
D. Membuka
E-mail
Jika anda sudah memiliki alamat E-mail
disaran satu situs webmail, untuk membaca dan mengirim E-mail anda dapat
mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Dengan menggunakan browser di internet,
masuki situs situs webmail anda, masukan nama user (user ID) besrta password anda
dengan benar, kemudia tekan enter atau klik tombol sign up.
E. Melampirkan
File pada Email
1.
Bukalah email anda
2.
Klik New di
bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
3.
Setelah di klik New,
kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
4.
Setelah yakin, semua
isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach. Tombol ini akan
menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto
yang akan kita kirimkan lewat email.
5.
Selanjutnya Yahoo akan
mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi.
Ini sama dengan proses upload atau mengirimkan data ke internet.
6.
Tombol Cancel berfungsi
untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesai.
tunggu sampai proses scanning selesai.
7.
Jika proses scanning
selesai tampilannya maka seperti Seperti ini. Jika
proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file
atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran
file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan lampiran
lainnya.
8.
Untuk melampirkan file
atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk
meng-upload file ke email.
9.
Jika semuanya sudah
yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran
(diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (kirim).
Maka langsung kita tekan Send (kirim).
F. Membaca
Pesan Email
a)
Login ke email yahoo http://yahoo.com/ atau http://yahoo.co.id/
b)
Klik Sign in/ masuk
Akan
muncul seperti ini:
a)
Pada kotak ID yahoo :
tulis alamat email
b)
Pada kotak Sandi : isi
dengan password/ kata sandi
c)
Klik “Mail”
d)
Akan muncul gambar
seperti ini :
e)
Bila ingin membaca
pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”
f)
Bila tidak ingin
membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan Delete
(Jangan klik tulisan Delete).
g)
Lalu klik Action/
Tindakan
h)
Pilih “Mark as Read/
Tandai sudah dibaca”
i)
Maka Angka pada “Inbox/
Pesan Masuk” akan hilang
G. Membalas
Email
1.
Klik pesan untuk
membukanya.
2.
Klik tombol “Balas”
yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email
(jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah
bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara
ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke
pengirimnya.
3.
Jendela Tulis akan
terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan
alamat email tambahan. Tergantung
pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua,
sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di
jendela Tulis.
Untuk
menyesuaikan pengaturan ini:
1.
Klik “Opsi” di sudut
kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
2.
Di bawah “Manajemen”
klik “Preferensi Umum.”
3.
Anda dapat memilih,
apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan
balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan” di sudut kiri
atas atau bawah. Jika
Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis
dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.
4.
Ketik balasan Anda.
Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda,
Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri untuk merespons secara
ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di
bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
5.
Klik “Kirim” untuk
mengirim balasan Anda.
H. Menghapus
Email
1.
Buka email anda
2.
Buat folder baru dengan
klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri halaman emai anda, kemudian
masukkan nama folder
3.
Buat filter (penyaring)
email masuk dengan menekan link Option > Create filter
4.
Tentukan nama filter,
kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat email yang
disaring, misal “facebook”
5.
Untuk tutorial lengkap
pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini
Sampai
pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu dengan
cepat, berikut langkanya :
1.
Klik folder tempat
email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder “facebook”
untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook pada blog
folder di bagian kiri halaman email anda.
2.
Centang dengan klik
kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua email yg masuk
pada folder tersebut
3.
klik tombol/link
delete, kemudian tekan “yes” ketika
halaman kondirmasi muncul.