Friday, 5 February 2016

Apa yang dimaksud dengan Email

A.    Pengertian E-mail
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar
, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
Bentuk umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
  1. Nama : identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
  2. @ : dibaca at (artinya di).
  3. Situs.com : alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai contoh : yandri@telkom.net dibaca “e-mail si Yandri di telkom.net” (Yandri memanfaatkan layanan situs dari telkom.net). Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-mail lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama maupun yang berlainan. Misalnya untuk mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat e-mail untuk surat-surat pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis. Jika digunakan fasilitas e-mail dari situs yang sama, maka identitaas nama kedua e-mail hrs dibedakan, contoh:
-        anda01@telkom.net untuk urusan pribadi.
-        anda02@telkom.net atau anda01@yahoo.com untuk urusan bisnis.
Meskipun demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot sendiri untuk mengingat dan mengelolanya.
B.     Manfaat Email
1.      E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
2.      Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
3.      Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
4.      Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
5.      Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
 C.    Langkah-langkah membuat account E-mail
Berikut ini langkah-langkah membuat e-mail :
Masukkan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan Mozilla Maka akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :
Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan, seperti uraian berikut :
-        Tentukan Kata Sandi ( kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya ) dan ID email ( nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah Didichandra, maka alamat emailnya menjadi Didichandra44@yahoo.co.id di baca : Didichandra44 [et] yahoo [dot] co [dot] id ), dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda nantinya !!!
-        Membuat kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat. Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat !!
-        Langkah membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya.
-        Jika Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :
-        Selamat…. Anda sudah memiliki alamat email… tunggu dulu ada sebuah pesan konfirmasi dari yahoo di kotak email anda, silahkan anda klik Lanjutkan.
D.    Membuka E-mail
Jika anda sudah memiliki alamat E-mail disaran satu situs webmail, untuk membaca dan mengirim E-mail anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Dengan menggunakan browser di internet, masuki situs situs webmail anda, masukan nama user (user ID) besrta password anda dengan benar, kemudia tekan enter atau klik tombol sign up.
E.     Melampirkan File pada Email
1.      Bukalah email anda
2.      Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
3.      Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
4.      Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach. Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
5.      Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses upload atau mengirimkan data ke internet.
6.      Tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
tunggu sampai proses scanning selesa
i.      
7.      Jika proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini. Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan lampiran lainnya.
8.      Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
9.      Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
Maka langsung kita tekan Send (kirim)
.
F.     Membaca Pesan Email
a)      Login ke email yahoo http://yahoo.com/ atau http://yahoo.co.id/
b)      Klik Sign in/ masuk
Akan muncul seperti ini:
a)      Pada kotak ID yahoo : tulis alamat email
b)      Pada kotak Sandi : isi dengan password/ kata sandi 
c)      Klik “Mail”
d)     Akan muncul gambar seperti ini :
e)      Bila ingin membaca pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”
f)       Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan Delete (Jangan klik tulisan Delete).
g)      Lalu klik Action/ Tindakan
h)      Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
i)        Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang
G.    Membalas Email
1.      Klik pesan untuk membukanya.
2.      Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
3.      Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan. Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.
Untuk menyesuaikan pengaturan ini:
1.      Klik “Opsi” di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
2.      Di bawah “Manajemen” klik “Preferensi Umum.”
3.      Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan” di sudut kiri atas atau bawah. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.
4.      Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
5.      Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.
H.    Menghapus Email
1.      Buka email anda
2.      Buat folder baru dengan klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri halaman emai anda, kemudian masukkan nama folder
3.      Buat filter (penyaring) email masuk dengan menekan link Option > Create filter
4.      Tentukan nama filter, kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat email yang disaring, misal “facebook”
5.      Untuk tutorial lengkap pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini
Sampai pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu dengan cepat, berikut langkanya :
1.      Klik folder tempat email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder “facebook” untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook pada blog folder di bagian kiri halaman email anda.
2.      Centang dengan klik kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua email yg masuk pada folder tersebut
3.      klik tombol/link delete, kemudian tekan “yes” ketika halaman kondirmasi muncul.


Design awesome banner
 ads like this one FREE at AdDesigner.com